Monday, 19 March 2012

Batik dan berkembangannya sebagai warisan indonesia

Sebagai bangsa yang mempunyai banyak budaya kita memang seharusnya melestarikan. Banyak budaya-budaya kita yang sudah di klaim sama negara. Pulau-pulau kita yang di ambil sedikit demi sedikit.

Semua itu karna apa ? ya karna kita tidak mau menjaga betul-betul budaya dan wilayah kita. Jadi apa yang harus kita lakukan ? Yah mesti menjaga budaya-budaya yang ada dan jangan sampai generasi-generasi mendatang menjadi korbannya.

Berhubung batik indonesia sudah diakui PBB ( UNESCO ) sebagai warisan dunia kenapa kita sebagai muda ikut melestarikan batik. Contoh saja sekarang banyak sekali girl band dan boy band yang lagi marak di indonesia tidak pake batik saja. Sambil mamerin dance plus suara nya kenapa baju nya tidak di bikin batik saja. Pasti para penggemar yang rata-rata ceweq dan cowoq yang labil bakal ikut pake batik indonesia juga kan.

Kita juga sebagai pemakai harus tau donk seluk beluk batik indonesia ini. Contoh saja penggemar Cherrybelle mereka pasti pernah pake kaos yang tulisan nya "twibi" kan kalou di tanya juga pasti tau kan seluk beluk chibi tuh gimana. Ia si ia pake batik tapi di tanya batik malah bingung. Apa tidak malu kalou kita sebagai anak muda tidak tau warisan budaya nya dari nenek moyang nya itu.

Batik indonesia oh batik indonesia indah nian kamu ini. Mau di pake di waktu apa saja pas-pas saja. Kenapa oh kenapa anak muda sekarang jarang / kadang malu memakai batik indonesia alasan nya simple banget kayak mau kondangan.

Batik indonesia sekarang mulai berkembang pesat. Mulai ada nya design dengan komputer yang sedang di kembangkan. Mulai ada baju edit yang di padukan dengan tim bola contoh saja nih tadi nemu di kaskus. Hohoho bagus kan gaya plus ikut melestarikan gitu.

Ok kesimpulan saja si. Dari setiap diri manusia itu pasti ada rasa yang nama nya rasa memiliki . Kenapa rasa tidak di tanamkan saja dalam diri kita sendiri. Kenapa batik yang domisil nya adalah budaya kita tidak kita jaga betul-betul. Yah agar bisa menjadi warisan budaya untuk anak cucu kita.


Disertakan pada lomba Blog Entry bertema Batik Indonesia, kerja sama Blogfam dan www.BatikIndonesia.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...